Biasanya kemasan dikenal sebagi alat pelindung agar produk tidak mudah rusak saat dipasarkan.  Namun selai untuk melindungi produk, sekarang ini kemasan juga digunakan sebagai sarana pemasaran produk dan branding merek produk tersebut. Kemasan menjadi penting setelah sebuah penelitian menunjukan bahwa konsumen membuat kesan mereka pada suatu merek hanya dalam waktu 5 – 7 detik. Hal ini menunjukan betapa pentingnya sebuah kemasan dan kemampuannya untuk memasarkan sebuah produk. Keadaan ini lah yang membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk membuat desain kemasan yang menaraik dan berbeda dari yang sudah ada.

Untuk membuat sebuah desain kemasan yang menarik sebenarnya tidak perlu menghabiskan banyak uang atau kemampuan khsus. Kamu hanya perlu menggunakan kreativitas dan imajinasi agar desain kemasan yang kamu buat beda dari yang lain. Selain kreativitas ada beberapa langkah mudah yang dapat kamu ikuti untuk membuat kemasan yang menarik.

Berikut 4 langkah muda untuk buat kemasanmu susah dilupakan

1.       Typography

Pemilihan Typography sangat lah penting bagi sebuah produk. Typography yang berada pada kemasan pun harus berukuran besar, bentuknya jelas, unik, dan mudah terbaca. Hal ini dilakukan agar para konsumen dapat menyadari keberadaan produk dan membedakannya dari yang lain.

Desain Kemasan

2.       Gunakan warna yang kontras

Pastikan kamu menggabungkan warna terang dan warna netral pada desain kemasanmu. Pemilihan warna diguanakn agar produkmu lebih menonjol dibandingkan produk lain. Selain itu perpaduan warna netral juga berguna agar produk tidak terlalu ngejreng dan terkesan “murah”.

Kemasan Produk

3.       Pilih bentuk kemasan yang sesuai

Kamu perlu tahu bahwa tidak semua jenis produk dapat memiliki bentuk kemasan yang sama. Seperti produk “maskulin” sering memiliki bentuk persegi panjang, seperti kotak, sementara banyak produk “feminim” seringkali lebih melengkung, ternyata itu bukanlah kebetulan. Pertimbangan bentuk kemasan ini disesuaikan dengan targetpasar yang kamu ingin capai.

Product Packaging

4.   “Less is More

Pastikan gambar dan tulisan yang ada dikemasan kamu tidak terlalu banyak dan penuh. Hal ini dilakukan untuk mempermudah konsumen mengingat merekmu. Membuat desain kemasan yang simple dapat membuta produk kamu anda terkesan mewah. Selain untuk konsumen membuat kemasan yang simple juga dapat mengurangi pengeluaran kamu dan membuat kemasa lebih everlasting

Design Packaging

Baca juga 16 Desain Hard Box Packaging yang Elegan

Setelah kamu ketahui cara membuat desai kemasan yang baik, kamu bisa langsung buat kemasan kamu jadi nyata di Tjetak.com. Di Tjetak kamu dapat membuat segala bentuk kemasan dengan kualitas bahan dan harga terbaik. Segera buat kemasanmu bersama kami.

CTA-Banner-Business-Card-2-01-1