Sampai saat ini, seiring dengan perkembangan jaman, kartu nama masih menjadi suatu hal yang penting dikalangan pembisnis. Kartu nama dinilai lebih mudah dan dinilai lebih sopan. Kartu nama juga mudah digunakan dan menimbulkan kesan profesionalitas. Bahkan dari sebuah kartu nama yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan seseorang. Kartu nama sendiri dapat memperlihatkan karakter seseorang. Hanya dengan bertukar kartu nama siapa tahu nantinya  kamu malah mendapatkan rekan bisnis baru. Pada sebuah kartu nama biasanya berisi berbagai informasi penting perusahaan. Hal ini mencakup nama lengkap, alamat lengkap perusahaan/personal, nomor telepon, alamat website, faksimile, email dan informasi tambahan lainnya.  Sebenarnya banyak cara membuat kartu nama tampak menarik yaitu dengan pemilihan kertas dan desain yang menarik serta finishing pada kartu nama. Maka dari itu finishing termasuk temasuk kedalam hal yang penting dan harus diketahui sebelum kamu cetak kartu nama.

  1. Laminasi Glossy dan Matte

Cetak Kartu Nama Glossy

Laminasi atau bisa disebut juga laminating merupakan proses pelapisan terhadap kartu nama. Laminasi berfungsi agar kertas menjadi awet dan tahan lama serta memperindah tampilan kartu nama. Laminasi sendiri dibagi menjadi glossy dan matte. Laminasi glossy, memberikan kesan yang artistik, laminasi ini  mengkilap dan jika terkena cahaya akan berkilau.  Kartu nama yang dihasilkan akan terasa licin dan halus.

Cetak Kartu Nama Matte

Lalu ada laminasi matte, laminasi ini memberikan kesan yang eksklusif dan profesional, laminasi ini tidak mengkilap dan memiliki permukaan tidak licin dan agak kasar.

Baca juga : Inilah 7 Kartu Nama Custom yang akan Membuat Kamu Tampil Lebih Profesional

2. Emboss dan Deboss

Cetak Kartu Nama Deboss

Finishing jenis ini memiliki tekstur yang 3D, finishing emboss membuat tekstur kartu nama memiliki efek yang timbul dan menghasikan kesan yang unik dan menarik. Lalu kebalikannya, finishing deboss adalah membuat tekstur kartu nama memiliki efek yang tenggelam.

Cetak-Kartu-Nama--Online

3. Hot Print

Cetak Kartu Nama Hot Print

Jenis finishing ini berupa tulisan yang menggunakan tinta berwarna emas atau perak. Desain kartu nama ini biasa dijumpai pada kartu undangan dan kartu nama. Apabila kamu menginginkan kartu nama yang memiliki kesan yang mewah maka finishing jenis ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

4. Spot UV

Cetak Kartu Nama Spot UV Embossed

Hampir sama dengan teknik laminasi, desain kartu nama ini membuat permukaan menjadi tampil mengkilat namun tidak pada semua bagian, hanya pada bagian-bagian yang dikehendaki konsumen saja. Misal pada bagian logo perusahaan saja.

5. Die Cut dan Pond

Cetak Kartu Nama Die Cut

Teknik finishing yang satu ini merupakan teknik finishing berupa pemotongan pada kartu nama. Jadi teknik finishing tidak hanya berupa lapisan pada kertas, teknik pemotongan juga termasuk kedalam teknik finishing kartu nama. Teknik pemotongan ini terdiri dari  dua jenis yaitu teknik die cut dan teknik pond. Teknik die cut, merupakan teknik pemotongan sesuai bentuk yang diinginkan dan dapat membuat kartu nama menjadi unik, pemotongan ini dilakukan dengan mesin khusus. Lalu untuk teknik pond, merupakan teknik pemotongan yang dilakukan tidak sampai terpisah dan hanya menimbulkan efek lipatan.

Baca juga: Cara Cetak Kartu Nama

Nah dari contoh kartu nama diatas, kamu sudah tahu bukan harus buat kartu nama yang seperti apa? Pastikan desain kartu nama yang bagus dan berkualitas  ya, karena dari sebuah kartu nama akan menggambarkan karakter diri kamu. Lalu untuk kamu yang ingin cetak kartu nama online, bisa pesan di Tjetak atau langsung klik gambar dibawah ini untuk pemesanan.

Cetak-Kartu-Nama