Map folder adalah tempat untuk menyimpan kumpulan dokumen yang tidak terjilid, masih berupa lembaran kertas, supaya tidak kusut atau tercecer. Map folder biasa disebut dengan stopmap atau map saja.

Map folder dibuat menggunakan bahan kertas yang tebal dan cenderung kaku. Misalnya kertas manila, kertas BC, kertas ivory, atau kertas buffalo. Sebuah instansi ataupun perusahaan tentunya sangat membutuhkan map folder. Karena selain untuk menyimpan dokumen, map folder juga akan membuat kesan lebih resmi ketika memberikan dokumen ke instansi lain.

Map folder pun dapat didesain sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu dapat menambahkan logo perusahaan atau desain lainnya supaya map folder kamu memiliki ciri khas dan terlihat lebih elegan. Berikut ini terdapat 5 inspirasi desain map folder yang dapat kamu gunakan:

  1. Map Folder Full Colour Bagian Luar

Kamu bisa mencoba desain map folder full colour seperti contoh di bawah ini. Bagian depan dipenuhi warna gelap sebagai dasar. Dihiasi dengan desain segitiga yang membuat map terlihat lebih elegan. Kamu dapat menuliskan nama perusahaan atau logo perusahaan di bagian depan, dengan bingkai berbentuk segitiga.

Di bagian dalam, warna yang digunakan tidak full colour, melainkan putih. Ini dapat menghemat biaya dalam pembuatan. Bagian yang berwarna senada dengan sampul hanya di bagian bawah sebagai tempat dokumen. Di sini pun kamu dapat membuat ruang untuk kaset DVD.

map folder

                                             Sumber: Pinterest/templatemonster.com

2. Map Folder Desain Hitam Simple Elegant

Jika tidak ingin pusing memikirkan warna, namun tetap ingin terlihat elegan, kamu dapat membuat desain map folder dengan warna hitam. Warna hitam membuat tampilan map folder lebih elegan. kamu hanya perlu menambahkan nama perusahaan di bagian depan, dapat juga ditambah logo perusahaan. Di bagian dalam, tempat untuk dokumen dapat dibuat setengah bagian map, sehingga lebih aman. Dan bagian kaset DVD di depannya.

map folder

                              Sumber: Pinterest/freepsdcorner.deviantart.com

3. Desain Map Folder Konsep Dompet

Kamu juga dapat membuat map folder dengan desain seperti dompet. Tentunya dokumen akan lebih aman di dalam map, tidak tercecer dan tidak akan kusut. Di bagian luar, biarkan map tidak diberi tulisan apapun. Namun, jika kamu ingin menambahkan tulisan atau logo perusahaan juga dapat dilakukan. Tali digunakan sebagai kunci supaya map folder tidak terbuka.

Di bagian dalam, ada tempat untuk menempatkan dokumen dengan bagian bawah cukup dalam sehingga tidak akan terlepas. Ada juga bagian untuk menempatkan kaset DVD di depannya.

map folder

                                      Sumber: Pinterest/fromupnorth.com

4. Map Folder Perusahaan Desain Simple

Perusahaan tentu membutuhkan map folder. Namun biasanya, perusahaan membuatnya dengan desain yang simple, tapi tetap mencerminkan keindahan. Seperti contoh desain di bawah ini, kamu dapat membuat di bagian sampul sangat full colour dan penuh gambar. Kamu dapat menambahkan logo perusahaan dan tentu nama perusahaan.

Bagian dalam kertas berwarna putih, ditambah tempat untuk menyimpan dokumen saja. Tapi, kamu juga dapat menambahkan tempat untuk menyimpan kaset DVD.

custom map folder

                                             Sumber: Pinterest/Graphicriver.net

5. Inspirasi Map Folder Desain Sampul Sambung

Kamu dapat membuat desain map folder dengan sampul menyambung. Jadi, gambar di sampul depan menyambung dengan gambar di sampul belakang. Seperti desain di bawah ini, dimana gambar di sampul depan menyambung dengan gambar di sampul belakang. Kemudian, di bagian depan juga ditambahkan logo perusahaan dan moto perusahaan.

desain map folder

                                                Sumber: Pinterest/templatemonster.com

Bagus dan menarik bukan map folder diatas? Kamu juga bisa miliki map yang menarik seperti diatas atau mendesain sesuai keinginan kamu dengan memesan di link berikut.