cetak stiker

Sebelum kamu cetak stiker custom ketahui dulu beberapa jenis bahan stiker yang perlu diketahui. Berbeda bahan tentu berbeda pula fungsi dari kertas stiker itu sendiri. Ada beberapa stiker yang anti air, lalu ada juga yang tidak bisa terkena air. Berikut adalah beberapa jenis stiker yang wajib diketahui sebelum kamu buat stiker sendiri.

1.   Stiker Vinyl

Jenis bahan stiker vinyl  ini tahan air, terbuat dari plastik dan lentur. Bahan ini memiliki permukaan yang glossy, kuat dan tahan terhadap cuaca apapun, maka itu stiker ini cocok diletakan di luar ruangan, karena tidak akan merusak stiker. stiker jenis ini hanya bisa dicetak menggunakan laser printer dan tidak menggunakan printer inkjet biasa.

2.   Stiker Yupo

Jenis bahan stiker yupo terbuat dari bahan sintesis dan tidak mudah sobek atau tergores. Bahan ini memiliki daya tahan terhadap air, minyak dan bahan kimia. Untuk stiker yupo cocok digunakan untuk kegiatan outdoor seperti stiker label, brosur, barcode.

3.  Stiker Gold Foil

Jenis bahan stiker gold foil ini tipis, namun memiliki kekuatan melekat yang baik. stiker ini memiliki ciri khas berwarna emas. Kertas stiker jenis ini memiliki perekat yang tidak digabung dengan kertasnya berbeda dengan stiker lainnya yang perekat sudah digabung dengan kertas stiker. Untuk jenis stiker ini biasanya dilekatkan dengan  menggunakan lem khusus. Jenis stiker ini biasa digunakan untuk hiasan-hiasan bangunan, kaligrafi, daun pintu, kubah masjid dan lainnya.

Baca juga : Cara Menggunakan Stiker Custom Sebagai Media Promosi

4.  Stiker Chrome

Jenis bahan stiker chrome ini biasa digunakan untuk kendaraan seperti mobil dan motor. stiker ini memiliki lapisan glitter atau berkilau.  Kertas ini tidak mudah lecet dan tergores maka itu digunakan untuk melapisi kendaraan serta mengubah tampilan kendaraan. Stiker ini juga bisa digunakan untuk membuat stiker logo.

5.  Stiker Chromo

Jenis bahan stiker chromo ini licin dan sangat kuat, namun stiker ini akan mudah luntur jika terkena air, maka itu tidak cocok apabila di luar ruangan. Stiker jenis ini biasa digunakan untuk label makanan, label botol minuman dan  stiker pilkada.

6.  Stiker Bontax

Jenis bahan stiker bontax ini teksturnya seperti kertas biasa namun memiliki daya rekat yang kuat dan bisa ditambah dengan proses lanimasi. Stiker ini biasa digunakan untuk berbagai kemasan produk. stiker ini biasanya akan dicetak menggunakan printer inkjet.

7.  Stiker HVS

Jenis kertas stiker HVS ini memiliki tekstur seperti kertas HVS pada umumnya, dan mudah ditemui di toko-toko buku pada umumnya. Kertas jenis ini bisa dicetak di print cetak biasa, namun kekurangannya adalah ketahanan kertas yang terbatas dan memiliki daya rekat yang kurang. Penggunaan jenis bahan ini tidak cocok untuk outdoor dan tidak tahan air dan biasanya digunakan untuk kemasan makanan yang kering.

custom-stiker

Nah, setelah membaca jenis-jenis stiker diatas, kamu tentu sudah dapat menentukan jenis stiker apa yang kamu butuhkan untuk membuat stiker. Jangan lupa share ke temen-temen kamu ya, supaya tidak salah dalam memilih stiker yang tepat, dan jangan lupa untuk cetak stiker online yang berkualitas di Tjetak.