Jika kamu memiliki sebuah bisnis atau sebuah acara yang membutuhkan promosi di jalan-jalan, spanduk menjadi salah satu alat penting untuk media iklan. Sebelum kamu cetak spanduk/cetak banner tentu kamu harus tahu dulu macam-macam bahan yang digunakan dalam dunia percetakan untuk membuat sebuah spanduk. Berikut adalah macam-macam bahan yang digunakan dalam pembuatan spanduk.

desain banner

  1. Flexy China

Jenis bahan ini kasar, agak tipis dan beserat. Jika kamu menginginkan jenis bahan spanduk murah, bahan ini bisa menjadi pilihan. Walaupun harganya terbilang murah , bahan ini memiliki kualitas yang baik dan memiliki umur ketahanan yang cukup lama. Bahan ini biasa digunakan untuk kebutuhan spanduk outdoor event-event yang hanya sebentar, karena ketahanan bahan ini akan semakin berkurang jika digunakan untuk kebutuhan outdoor, seperti tinta yang memudar, bahan retak dan mudah sebuk. Kekuatan bahan ini sangat baik jika digunakan untuk kebutuhan indoor karena tidak terpapar sinar matahari dan air hujan. Bahan ini memiliki tingkat gramasi yang bervariasi, namun yang paling banyak digunakan dalam industri percetakan yaitu 260 gram, 280 gram dan 340 gram.  Bahan ini sering dugunakan dalam pembuatan, x-banner, y-banner, dan roll up banner.

2. Flexy Korea

Bahan jenis ini lebih baik dari flexy korea, bahan jenis ini memiliki ketebalan yang cukup baik dan teksturnya yang halus menghasilkan kualitas cetak yang baik, bahan ini biasa dipakai di jalan-jalan untuk media promosi.  Bahan ini memiliki gramasi antara 250 – 400 gram. Bahan ini biasa digunakan untuk  cetak spanduk  x-banner, y-banner,  baliho dan backwall/backdrop.

Baca juga : Tips Desain Banner yang Menarik Perhatian

3. Flexy Jerman

Jenis bahan ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, Flexy jerman memiliki kualitas di atas flexy china dan korea. Bahan jeni bertekstur lumayan kasar dan halus dan memiliki ketebalan yang baik. Flexy jerman ini tidak selalu tersedia di digital printing hanya beberapa digital printing yang memang bagus dan lengkap saja karena bahan jenis ini terbilang mahal dibanding flexy china dan korea, namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Bahan ini memiliki gramasi antara 230 – 400 gram dan biasa dipakai untuk spanduk yang benar-benar dipasang dalam jangka waktu yang lama.

4. Albatros

Jenis bahan ini memiliki tekstur yang halus dan lembut dan sangat cocok digunakan untuk media indoor seperti roll up banner, x banner dan poster. Bahan ini juga bisa digunakan untuk cetak foto dalam ukuran besar namun harus diperhatikan juga kualitas foto yang ada agar hasilnya tidak gelap.

5. Luster

Bahan ini memilik tekstur yang agak kasar, tipis dan mengkilap dan permukaan pori-pori yang kurang halus. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk media indoor seperti x-banner dan roll up banner. Bahan jenis ini tidak perlu di laminasi karena memang bahan sudah mengkilap dan laminasi kurang menempel baik pada bahan jenis ini.

6. Easy Banner

Jenis bahan ini memiliki tekstur agak kaku dan kasar dan cocok digunakan untuk media outdoor, bahan ini biasa dipakai untuk pembuatan standing banner, dan poster.

7. Banner Cloth

Jenis bahan ini sama seperti kain memiliki tekstur halus dan tipis, bahan jenis ini biasa digunakan pada event-event seperti banner cloth yang diikat pada balon lalu diterbangkan, dekorasi dinding, pusat perbelanjaan, lalu mencetak bendera. Setelah mengenal macam-macam bahan spanduk diatas, pastinya membantu kamu untuk  memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Namun, jangan ragu untuk tanyakan lebih lanjut lagi mengenai bahan spanduk yang tepat kepada kami ya,  dan kamu bisa buat banner online di tjetak.

Baca juga : Tips Desain Banner yang Menarik Perhatian

Setelah mengenal macam-macam bahan spanduk diatas, pastinya membantu kamu untuk  memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Namun, jangan ragu untuk tanyakan lebih lanjut lagi mengenai bahan spanduk yang tepat kepada kami ya,  dan kamu bisa buat banner online di tjetak.

cetak-spanduk