Untuk kebanyakan orang, sebuah nota hanyalah selembar kertas yang menunjukan bahwa telah dilakukan transaksi untuk barang-barang yang telah diseteujui antara pembeli dan penjual. Tetapi banyak juga yang malas menuliskan nota bukti transaksi, sehingga mereka hanya menuliskan jumlah pembelian di belakang kertas bekas. Alhasil sang penjual tidak memiliki salinan bukti penjualan yang bisa menyusahkan proses pembukuan nanti.

Pentingnya-Memiliki-Nota-CTA02

Sebenarnya, semua transaksi yang kamu lakukan sangat penting, maupun transaksi tersebut bernominal kecil atau besar. Sebuah nota memberi bukti bahwa jumlah, harga, dan jenis barang sudah disepakati, dan menghilangkan dampak merugikan untuk pembeli dan penjual, terutama kesalahpahaman. Maka itu penting sekali untuk penjual dan pembeli untuk memiliki salinan nota untuk referensi di masa depan. Tetapi yang paling penting adalah bahwa sang penjual yang memiliki salinan nota dibandingkan sang pembeli. Berikut alasan mengapa memiliki nota itu sangat penting.

1. Bukti Transaksi Eksternal

Transaksi eksternal adalah sebuah transaksi yang dilakukan pihak dari luar perusahaan, contohnya pembayaran utang, pembelian barang, penerimaan piutang, dan lain-lainnya. Tergantung jenis transaksi, ada tiga macam bukti transaksi eksternal, yaitu nota pembelian, nota debet, dan nota kredit. Nota pembelian diberikan kepada pelanggan sebagai bukti pembelian. Nota debet digunakan sebagai bukti pembayaran yang diberikan oleh penjual kepada pelanggan karena jasa atau barang yang diberikan tidak sesuai dengan pembelian. Nota kredit digunakan sebagai bukti bahwa penjual sudah menerima kembali barang yang tadinya dibeli oleh pelanggan, dan akun pelanggan telah dikredit jumlah yang sudah disepakati.

2. Bukti Transaksi Internal

Transaksi internal adalah sebuah transaksi yang dilakukan didalam perusahaan, dan dibuat oleh yang bersangkutan di dalam perusahaan. Yang biasa termasuk dalam bukti transaksi internal adalah kas masuk, kas keluar, dan memo. Bukti kas masuk digunakan untuk membuktikan bahwa perusahaan sudah menerima uang dalam bentuk cash maupun tunai. Bukti kas keluar digunakan untuk membuktikan bahwa perusahaan telah mengeluarkan uang tunai untuk hal seperti pembayaran gaji, pembayaran utang, atau pembelian dengan tunai.

3. Menjelaskan Detail Transaksi

Selain berfungsi sebagai bukti transaksi eksternal maupun internal, selembar nota juga bisa memberikan keterangan sifat transaksi masing-masing. Di dalam custom nota, kamu bisa memberi kolom untuk keterangan transaksi, dimana kamu nanti bisa menulis apabila transaksi yang dilakukan adalah pembayaran DP atau lunas. Tidak hanya itu saja, di dalam custom nota kamu bisa mencantumkan tanggal transaksi, pihak-pihak yang terlibat, jenis dan jumlah barang atau jasa yang dibeli, dan juga tkamu tangan penerima dan pemberi uang dalam transaksi tersebut.

4. Memberi Salinan Transaksi

Apabila kamu memiliki nota, kamu bisa memiliki salinan untuk setiap transaksi yang dilakukan. kamu juga bisa desain nota agar logo perusahaan kamu ada di setiap lembar nota, agar tidak gampang ditiru atau dipalsukan oleh pihak yang tidak ada hubungan sama sekali dengan perusahaan kamu.

Pentingnya-Memiliki-Nota--CTA01-1

Memiliki nota sangat penting untuk segala setiap jenis bisnis, maupun itu sebuah bisnis kecil atau besar. Sangat penting untuk mencatat setiap transaksi internal dan eksternal, sehingga pelaporan keuangan bisnis kamu lebih akurat dan bisa membantu bisnis kamu maju. Nota juga bisa membantu kamu apabila ada keluhan atau klaim, karena kamu memiliki salinan yang bisa digunakan untuk referensi. Jadi apabila kamu sudah siap untuk memiliki nota yang khusus untuk bisnis atau perusahaan, kamu tinggal mengikuti link yang berikut ini.